Rabu, Agustus 10, 2011

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL FORUM STUDI ILMIAH MAHASISWA 2011 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT ”PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DALAM MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN BANGSA”


Fw : fsimfkunlam.blogspot.com


Kesehatan adalah hak semua orang. Dan sudah menjadi kewajiban semua orang pulalah untuk menjaga kesehatan baik pribadi maupun lingkungannya. Kesehatan tidak hanya dipengaruhi oleh diri pribadi, tapi juga dipengaruhi oleh lingkungan. Karena itulah, kesehatan hanya bisa diperoleh dengan menjaga kesehatan masyarakat.
                Seiring dengan peningkatan kebutuhan manusia, maka terjadi pula peningkatan eksplorasi sumber daya alam. Sumber daya alam ini digunakan untuk banyak kepentingan, salah satunya adalah kesehatan. Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam secara tepat untuk meningkatkan kesehatan lingkungan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan bangsa?
                Kami dari FSIM FK UNLAM mengundang teman-teman dari kalangan pelajar dan mahasiswa untuk bersama-sama memikirkan jalan yang tepat dalam pemanfaatan sumber daya alam.  Kita semua memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa ini. Kami mengajak teman-teman untuk menuangkan tanggung jawab tersebut dalam sebuah karya tulis ilmiah dengan tema ”Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Bangsa.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional ini terdiri dari 2 kategori lomba, yaitu :
a.    Karya tulis ilmiah bahasa Indonesia untuk SMA/sederajat
b.    Karya tulis ilmiah bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

SYARAT PESERTA LOMBA
1.        Peserta terdaftar sebagai mahasiswa (D3/S1) ataupun pelajar SMA/sederajat yang aktif di Perguruan Tinggi ataupun Sekolah Menengah atas/sederajat, Indonesia.
2.        Peserta dapat berupa perseorangan atau tim yang terdiri dari maksimal 3 orang.
3.        Untuk peserta yang berupa tim dari kategori mahasiswa, anggota kelompok dapat berasal dari program studi yang berbeda dalam perguruan tinggi yang sama.
4.        Setiap peserta maksimal mengirimkan satu karya tulis terbaiknya.
5.        Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran serta mengirimkan uang pendaftaran sebesar:
*  Rp. 75.000,- /tim/individu untuk kategori pelajar SMA/sederajat
* Rp. 100.000,- /tim/individu untuk kategori mahasiswa
Pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer melalui rekening Bank BNI a.nErika Norfitriah dengan nomor rekening 0212709981. Konfirmasi pembayaran ke nomor 085654070807
6.    Karya Tulis Ilmiah bukan merupakan hasil penelitian/skripsi, dan belum pernah menjadi finalis atau memenangkan kompetisi karya tulis sebelumnya di tempat yang lain.
7.    Karya tulis dikirim dalam bentuk hardcopy dan softcopy.
o   Hardcopy dikirim rangkap tiga (1 asli, 2 fotokopi)
o   Softcopy dikirim dalam CD dengan format docx/doc (Microsoft word) dan pdf (Adobe acrobat reader) dan disimpan dalam sebuah folder dengan ketentuan penamaan sebagai berikut:
LKTI FSIM FK UNLAM 2011-Nama PT/SMA-Nama Ketua-Judul karya tulis.
8.    Karya tulis dikirim dengan menyertakan dokumen-dokumen dibawah ini:
a.       Formulir pendaftaran
b.      Fotokopi kartu tanda mahasiswa/ kartu tanda pelajar
c.       Surat pernyataan orisinalitas
d.      Foto berwarna terbaru ukuran 3×4 (1 lembar)
e.       Fotokopi bukti pembayaran pendaftaran (rangkap 2)
f.       Surat keterangan aktif kuliah/ sekolah dari PT/SMA peserta
9.    Karya tulis dikirim dengan menggunakan amplop cokelat dengan menyertakan tulisan “LKTI FSIM FK UNLAM 2011” di ujung kanan amplop.

PENGUMUMAN PEMENANG
1.    10 karya terbaik LKTI Nasional FSIM FK Unlam 2011 untuk tiap kategori dan Pengumuman 10 tim yang diundang  untuk mempresentasikan karyanya di Grand Final LKTI Nasional FSIM Fk Unlam 2011 tanggal 9 Oktober 2011 dihadapan dewan juri dan akan disampaikan oleh panitia pada tanggal 10 Oktober 2011  lewat  blog http://www.fsimfkunlam.blogspot.com  
2.    Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada pemenang akan diadakan pada tanggal 23 Oktober 2011 setelah acara seminar oleh FSIM FK UNLAM.
3.    Hadiah bagi para pemenang adalah sebagai berikut
Tingkat SMA/ sederajat
a.     Juara I : tropi dari kementerian lingkungan hidup, Rp 1.000.000,- + piagam penghargaan
b.    Juara II : tropi dari kementerian lingkungan hidup, Rp 800.000,- + piagam penghargaan
c.     Juara III : tropi dari kementrian lingkungan hidup, Rp 600.000,-+ piagam penghargaan
Tingkat Universitas
a.     Juara I : tropi dari kementerian lingkungan hidup , Rp 1.500.000,- + piagam penghargaan
b.    Juara II : tropi dari kementerian lingkungan hidup, Rp 1.250.000,- + piagam penghargaan
c.     Juara III : tropi dari kementrian lingkungan hidup, Rp 1.000.000,- + piagam penghargaan
4.    Finalis LKTI tingkat nasional FSIM FK UNLAM 2011 berhak mengikuti rangkaian acara seminar nasional oleh FSIM FK UNLAM (waktu dan tempat seminar diberitahukan kemudian).

JADWAL KEGIATAN LKTI 2011
1.    Pendaftaran LKTI dibuka mulai 1 Agustus 2011 dan selambat-lambatnya pada 31 Agustus 2011. Peserta mendaftar dengan mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran di blog http://www.fsimfkunlam.blogspot.com
2.  Peserta membayar Biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,-/tim (siswa) dan Rp 100.000,-/tim (mahasiswa). Dapat dibayarkan secara langsung atau dapat ditransfer melalui rekening BNI a.n. Erika Norfitriah dengan nomor rekening 0212709981. Konfirmasi pembayaran ke nomor 085654070807
3.    Peserta mengirimkan makalah Karya Tulis dalam bentuk hardcopy rangkap 3 (tiga) & softcopy dalam 1 keping CD serta mengirim back-up softfile karya dalam bentuk file docx/doc dan pdf (cover hingga lampiran dijadikan dalam satu file) dengan format nama file sebagai berikut
Nama ketua tim _ asal universitas_ judul karya
dikirim melalui E-mail ke: fsimfkunlam@gmail.com 
Karya Tulis peserta di jilid dengan cover menggunakan kertas Buffalo warna biru
4.    Penyerahan/pengiriman hardcopy Karya Tulis peserta dialamatkan kepada Panitia paling lambat diterima pada tanggal 30 September 2011 ke alamat Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah FSIM FK UNLAM 2011  menyertakan bukti pembayaran dan print out formulir pendaftaran dan lembar orisinalitas karya di dalam amplop, dikirimkan ke alamat Jl. A. Yani Km 36 Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.


Ketentuan penulisan, formulir pendaftaran dan hal-hal lain dapat diunduh lewat link ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang LKTI ini dapat menghubungi panitia:
Fb : Erna Yulida (085751021771) dan Irzal Rakhmadhani (085751326195). Ketentuan lengkap dapat dilihat di http://www.fsimfkunlam.blogspot.com

Tidak ada komentar: