Selasa, Juni 28, 2011

Ujian OSCE mata ceria



Pengen ketawa rasanya ….
Pasiennya dokter yang nguji, bukan temen sendiri, well done! Beliau bisa ngerjain kami semua dengan leluasa ….
Aku? Dapat giliran terakhir kayak biasa
Dan melihat satu persatu teman teman masuk dan keluar dengan muka stress khas mereka masing-masing, aku entah kenapa –gugup sih- tapi gak terlalu menghayati, santaiae lo …… bisa aja jua, apapun kasus yang dikasih beliau, berelaan gin lo lah…
Macam-macam …
Ada yang cerita kalo dia salah diagnose, ada yang ditanya tapi aneh jawaban dokternya.
Ilustrasi :
1.
Dokter : jadi, keluhan bapak apa?
Pasien : gak ada, saya kesini cuma mau check up kesehatan mata … kan ada catatan medis saya kan
Dokter : hening … krik krik krik …. Asli meleset!
2.
Dokter : Jadi keluhan bapak apa?
Pasien : Mata saya merah dok
Dokter : ooo … itu sejak kapan..
Pasien : cepetan dong dok, saya buru-buru nih *marah-marah sambil desak dokternya
Dokter : alhasil anamnesis gak kelar dan langsung diagnosis
3.
Dokter : Jadi keluhan bapak apa?
Pasien : Ada yang berubah di mata saya dok
Dokter : Perubahannya seperti apa ya pak?
Pasien : Loh, dokter bisa lihat sendiri kan ini perubahannya gimana
Dokter : ini kan pura-pura, mata dokter baik-baik saja … krikkkkk *hening lagi
4.
Dokter : Jadi keluhannya apa bapak?
Pasien : Penglihatan saya agak kabur dok
Dokter : ada nyeri?
Pasien : ada nyeri dikit …
Dokter : -_-“
5.
Dokter : Jadi keluhan bapak apa?
Pasien : sakit mata
Dokter : iya, itu sakitnya gimana, nyeri atau apa?
Pasien : Iya nyeri
Dokter : Bapak pernah makan obat atau semacamnya?
Pasien : oh, extra joss itu obat bukan dok? Soalnya kan kata iklan, laki minum extra joss, jadi saya minum itu sebelum kerja
Dokter : -_-“
6. Kalo aku dapatnya, si pasien orang tua dan … jeng tuli .. . astaga, aku mesti teriak nanya sama si bapak, aku ingat betul ketidaknyambungan yang menggelikan didalam, well, nguras pikiran, ngeles juga gak bisa lha apa yang mau diomongkan coba beliau juga ceritanya gak denger apa-apa, jadi nya ya gitu deh
Ilustrasi :
Dokter : Iya saya yang akan bantu bapak, dengan bapak siapa ya?
Pasien : *cuek** hah, iya dok, maaf apa tadi, maaf saya agak-agak kurang bisa denger
Dokter : manggut-manggut gaje* Nama bapak siapa? *tereak
Pasien : Oh saya …. *sensor wkwkwk
Dokter : umur bapak berapa?
Pasien : oh ini dok saya sakit mata
Dokter : Oh sakit mata, boleh tahu dulu UMUR BAPAK BERAPA?
Pasien : 50 tahun dok
Dokter : manggut-manggut, Jadi bapak sakit matanya seperti apa? NYERI? MERAH? KABUR?
Pasien : Oh apa dok, ini saya agak kurang melihat
Dokter : Kabur berarti pak ya
Pasien : apa dok, oh iya dok.
Dokter : Sejak kapan kaburnya pak?
Pasien : iya dok, ini mata sebelah kanan kabur, kalo yang kiri malah gak bisa lihat sama sekali. Sudah tuli, mana mata saya juga ikut terganggu
Dokter : Oh .. sebelah susah liat dan yang satu sudah gak bisa lihat. Sejak kapan kenanya bapak?
Pasien : iya, ada kencing manis
Dokter : -catat aja semua, tebal muka- NYERI ADA PAK?
Pasien : apa dok?
Dokter : NYERI ….
Pasien : gak ada
Dokter : kalo berbayang, misalnya kalo bapak liat kursi itu kelihatan kayak ada dua kursi
Pasien : Itu dua dok *nunjuk jari
Dokter : -hampir speechless- Kalo penyakit lain bapak ada, hipertensi?
Pasien : iya, saya kesini tadi sama anak saya, berdua
Dokter : oh, iya bapak, bapak ada DARAH TINGGI BAPAK?
Pasien : Iya dok, saya tinggi 162 cm
Dokter : -pengen garuk meja- Maksud saya SAKIT DARAH TINGGI, PENYAKIT!
Pasien : Oh, iya dok sebelah aja matanya yang kena
Dokter : -Mikir apa lagi yang perlu ditanya, habis- Baiklah bapak, ini saja cukup, terima kasih ..
Pasien : Oh, iya dok saya ada darah tinggi juga
Dokter : -Pengen salto rasanya- Darah tinggi juga … baiklah! Sudah mungkin segitu aja dulu bapak ya terima kasih sudah mau kerja sama …
NORMAL LAGI
Dosen penguji : Jadi diagnosisnya apa?
Saya : polos dan masih dengan keinginan salto …. Retinopati diabetic
Dosen penguji : apa lagi?
Saya : Glaukoma
Dosen penguji : Glaukoma apa?
Saya : Glaukoma kronis
Dosen penguji : Apa lagi?
Saya : Katarak
Dosen penguji nya manggut-manggut dan akhirnya berlanjut ke pemeriksaan fisik mata, aku dapat pemeriksaan segmen anterior .. Not bad lah … ditambah pemeriksaan tekanan bola mata digitalis, pake jari …..
Stupid, waktu ditanya pemeriksaan penunjang buat glaucoma kronis, aku bilang pemeriksaan tonometri dan alatnya “Apa itu dok, yang alat buat memeriksa tekanan bola mata, jadi sebelumnya matanya dianastesi dulu trus alatnya ditempelin kemata buat ngecek tekanannya, lupa namanya dok?”
“Tonometer” aku tambahin lagi dengan ragu-ragu *ngeblank asli
Kepergok ragu “Ha, tonometer?”
“Err … gak tau dok, lupa namanya ….” Hening,
“Kalo buat memeriksa lapangan pandang?”
“Itu, dokter berdiri di depan pasien, pasien disuruh liat jari pasien” sambil meragain “Tapi itu pemeriksaan fisik dok” kataku menjatuhkan jawabanku sendiri
“Penunjangnya?”
Geleng-geleng
“Yasudah … “
“Tuker ni dok” sambil nunjuk temen
“Iya, sudah selesai”
Fyuh …. Finally …
Meskipun hari ini begitu ‘unik’ ujiannya, tapi semuanya berhasil ‘sepertinya’ …. I hope! J
Semangka…. Semangat kaka …….

Tidak ada komentar: